'/> Mengenal Jenis-Jenis Poster

Info Populer 2022

Mengenal Jenis-Jenis Poster

Mengenal Jenis-Jenis Poster
Mengenal Jenis-Jenis Poster
Jenis-jenis poster tentunya beraneka ragam, itu tiruana tergantung dengan isi dan tujuan yang ada pada poster tersebut. Hal ini yang membedakan antara poster yang satu dengan poster yang lainnya. Secara kasat mata mungkin kira berpikir tiruana poster itu sama, tiruana yang diinformasikan yakni produk-produk yang akan dijual. Sebenarnya itu salah kaprah, untuk itu mari kita sama-sama mengenal jenis-jenis poster yang umumnya kita jumpai ditempat-tempat umum.

Source : https://www.flickr.com/photos/54764072@N04/5150874530/

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya

  1. Poster Niaga, ini merupakan poster yang isinya menjual atau mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan, pola kalimatnya "Kompor Gatotkaca yakni satu-satunya kompor terbaik untuk dapur anda."
  2. Poster Kegiatan, ini merupakan poster yang isinya menginformasikan suatu kegiatan, pola kalimatnya "Jangan lewatkan aktivitas dangdutan bersama Bank Srikandi dilapangan Gasibu 20 April 2014."
  3. Poster Pendidikan, ini merupakan poster yang isinya memmemberikankan pendidikan kepada masyarakat luas, pola kalimatnya "Mari kita sukseskan aktivitas Keluarga Berenca dengan dua anak cukup."
  4. Poster Layanan Masyarakat, ini merupakan poster yang isinya menginformasikan pelayanan kepada masyarakat, pola kalimatnya "Puskemas Arjuna akan mengadakan pengobatan gratis 20 April 2014."
  5. Poster Karya Seni, ini merupakan poster yang isinya bersifat ekspresif yang belum tentu sama diartikan anatar orang yang satu dengan yang lainnya. Poster ini umumnya gambar dan minim sekali kata-kata.

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya.

  1. Poster Propaganda, ini merupakan poster yang tujuannya yakni untuk memmemberikankan semangat kepada khalayak umum semoga bersemangat didalam mengarungi kehidupan dalam perjuangan untuk mencapai cita-cita.
  2. Poster kampanye, ini merupakan poster yang tujuannya yakni merebut simpati masyarakat umum semoga menentukan dirinya knorma dan sopan santun pemilihan tiba, poster ini akan ramai knorma dan sopan santun menjelang Pemilu dan Pilkada.
  3. Poster "Wanted" atau "Dicari", ini merupakan poster yang tujuan utamanya untuk menginformasikan orang hilang atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, poster ini sering kita lihat dipohon-pohon.
  4. Poster "Cheesecake", ini merupakan poster yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat ramai. Poster ini umumnya dibentuk dengan gambar-gambar orang-orang tenar menyerupai selebriti, artis, dll.
  5. Poster Film, ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempromosikan film-film yang akan ditayangkan kepada masyarakat. Poster jenis ini banyak dijumpai dilounge bioskop sebelum kita nonton.
  6. Poster Komik, ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempopulerkan komik kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan ketika ini tren komik sedang menurun berbeda pada ketika kejayaannya ditahun 60-an.
  7. Poster Afirmasi, ini merupakan poster yang tujuannya untuk memotivasi para pembacanya dengan kata-kata yang sugestif, poster ini banyak kita jumpai diacara seminar-seminar atau talkshow-talkshow.
  8. Poster Riset atau Kegiatan Ilmiah, ini merupakan poster yang tujuannya menginformasikan kegiatan riset atau penelitian kepada masyarakat umum, poster ini sering kita lihat dimading kampus atau sekolah.
  9. Poster Kelas, ini merupakan poster yang tujuannya memmemberikankan pengetahuan, wawasan, penerangan, serta motivasi kepada para siswa, poster ini sering kita lihat didalam kelas disekolah-sekolah.
  10. Poster Komersial, ini merupakan poster yang tujuannya mempromosikan atau menginformasikan barang dan jasa yang akan dijual oleh perusahaan, poster ini juga disebut dengan poster niaga.
Advertisement

Iklan Sidebar