'/> Mengenal Ciri-Ciri Poster

Info Populer 2022

Mengenal Ciri-Ciri Poster

Mengenal Ciri-Ciri Poster
Mengenal Ciri-Ciri Poster
Sama menyerupai media publikasi lainnya, poster juga mempunyai ciri-ciri baik secara umum maupun khusus yang membedakannya dengan media isu lainnya. Kalau kita melihat poster secara sekilas tentu tidak berbeda dengan brosur, pamplet, atau media pengumuman lainnya. Tapi bila cermati ludang keringh dalam, poster mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Inilah pembahasan singkat mengenai ciri-ciri poster

Source : https://www.flickr.com/photos/apkomindodiy/6194504634/

Apa Sih Poster Itu?

Sebelum membahas ludang keringh jauh mengenai ciri-ciri poster, ada baiknya kita mengenal dulu apa arti poster itu? Singkatnya poster yaitu media pengumuman yang umumnya memadukan antara gambar dan kata-kata yang biasanya dijumpai ditempat-tempat umum menyerupai sekolah, kawasan kerja, mall, pasar, dan tempat-tempat umum lainnya. Poster seharusnya dibentuk dengan pesan singkat, jelas, dan padat.

Ciri-ciri Poster

  1. Merupakan sebuah karya seni grafis yang memadukan unsur gambar dan kata-kata yang dibentuk diatas kertas yang ukurannya relatif besar dengan tujuan biar ludang keringh simpel dibaca masyarakat.
  2. Pada umumnya poster dipasang ditempat-tempat umum yang ramai oleh kemudian lalang masyarakat menyerupai mal, pasar, alun-alun, dan tempat-tempat ramai lainnya biar banyak dilihat orang.
  3. Poster biasanya dibentuk dengan perhiasan unsur-unsur warna terang yang kontras, hal ini dimaksud biar menarik pernatian orang-orang untuk membaca pesan yang ada didalam poster tersebut.
  4. Ciri-ciri lainnya yang menempel pada poster yaitu bahasanya yang relatif singkat, jelas, dan padat. Ini dimaksud biar pembaca sanggup mencerna isi pesan tersebut dalam waktu yang relatif singkat
  5. Poster yang biasanya kita jumpai ditempat-tempat publik umumnya diserta dengan gambar yang menarik menyerupai desain yang keren, selebriti Hollywood, artis-artis dikenal, dan masih banyak lagi.
  6. Terakhir ciri-ciri poster yang harus diketahui yaitu sanggup dibaca sambil lalu, hal ini manjadi jawabanan mengapa poster dibentuk dengan singkat dan jelas, sebab biar dibaca cepat sambil lalu.

Syarat dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Poster

Untuk menciptakan poster yang baik harusnya mengikuti syarat-syarat atau kaidah-kaidah tertentu yang harus diperhatikan. Syarat-syarat sebuah poster antara lain sebagai diberikut
  • Bahasa yang dipakai simpel dimengerti banyak orang.
  • Kalimat dalam poster seharusnya singkat, jelas, dan padat.
  • Akan ludang keringh baik bila dikombinasikan dengan gambar yang menarik.
  • Dibuat semenarik mungkin biar lezat dilihat
  • Bahan yang dipakai sebaiknya yang elok dan tidak cepat rusak.
  • Poster ditempatkan ditempat-tempat yang ramai.
Selain ada syarat-syarat tertentu untuk sebuah poster, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah poster. Hal-hal tersebut antara lain yaitu sebagai diberikut:
  • Gambar dibentuk dengan mencolok sesuai dengan ide.
  • Kata-kata yang dibentuk harus simpel diingat dan akibattif.
  • Tulisan dibentuk dengan ukuran font yang besar biar simpel dibaca.
  • Poster dipasang ditempat-tempat yang ramai.
Advertisement

Iklan Sidebar